Kamis, 02 April 2015

Tanam Padi di Desa Tanjangawan 

KIM HB Tanjangawan News : para petani di Tanjangawan mulai memasuki musim tanam padi pada bulan ini. Menurut petani padi Desa Tanjangawan Kecamatan Ujungpangkah, Supriyono, saat ini mulai memasuki musim tanam padi yang ke dua setelah tanam padi yang pertama.
 
Musim tanam padi dilakukan oleh para petani biasanya dengan dimulainya musim penghujan tiba, karena jenis tanaman padi merupakan tanaman yang sangat tergantung oleh air mencapai 90 persen. Salah seorang patani, Ahmad Nafik mengatakan, dengan curah hujan yang cukup dirinya bersama petani lain optimis hasil panen akan meningkat seperti pada Musim Panen sebelumnya. 

 Musim tanam padi sudah dipersiapkan 28 hari sebelumnya, sebelum dilakukan penanaman padi, terutama persiapan para petani terhadap benih padi yang akan ditanam, selain itu persiapan lahan dalam pengolahan lahan juga telah dilakukan agar kwalitas padi, nantinya dapat tumbuh bagus."Benih padi yang akan ditanam, selain itu persiapan lahan dalam pengolahan lahan juga telah dilakukan agar kwalitas padi nantinya dapat tumbuh bagus," jelasnya, Senin (02/03/2015).

Saat ini ratusan hektar lahan sudah mulai dibajak dan dilakukan penanaman secara serentak di desa Tanjangawan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Masyarakat tani saat ini berbondong-bondong sibuk melakukan pengolahan lahan dan melakukan penanaman padi.

 “Pasokan air tidak akan kekurangan  karena petani masih bisa menggunakan pompa untuk mengambil air dari sumur, akan tetapi yang menjadi kendala bagi petani adalah masih langkahnya pupuk kimia Phonska, Urea karena masyarakat masih sangat tergantung terhadap pupuk kimia tersebut.” ungkapnya.


"Tanaman padi harus terendam air secara terus menerus, untuk mendapatkan hasil tanaman yang bagus dan berisi, selain juga harus dipupuk dan di semprot dengan insektisida untuk membasmi dan mencegah terjangkitnya penyakit padi," tambahnya.
 
Para petani di Kabupaten Gresik tergolong pertanian yang profesional. Karena model pertanian dapat digarap secara modern. Apabila penanaman padi dilakukan dengan cara serentak dengan jenis tanaman yang sama, maka mudah mengendalikan hama penyakit. yang akan menyerang tanaman padi, sehingga kwalitas hasil pertanian sangat bagus.


0 komentar:

Posting Komentar